Laman

Rabu, 24 Februari 2010

Halycon

Akhirnya aku telah menemukan ketenangan yang kucari, perasaan damai. Banyak nasihat dan hal baru yang kudapat. Aku juga bersyukur karena bisa menemukan semua itu untuk terus memperbaiki diriku supaya tidak perlu lagi kritik diri.

Memahami suatu kejadian sangat sulit kalau hanya memusatkan pikiran pada satu hal saja secara berlebihan sehingga kita tidak bisa melihat seluruhnya dari berbagai sudut pandang. Alangkah baiknya bila membuka hati, pikiran dan membiarkan pikiran bebas mempelajari semuanya sehingga kita bisa memecahakan masalah yang rumit sekalipun tanpa harus menganggap rendah semua orang dan semua masalah yang ada.

Memaknai suatu kejadian itu seperti koin yang memiliki dua sisi. Ada hal baik dibalik yang buruk begitu juga sebaliknya. Apabila kita mendapatkan hal yang buruk, kita harus berpikir positif kenapa mendapatkan hal yang buruk dan bagaiman cara merubahnya seperti marah yang mengandung moral. Tapi apabila kita mendatkan hal yang baik maka kita harus berpikir negatif, apa akibatnya bila kita mendapatkan kebaikan pada diri kita terlebih bila itu adalah suatu pujian. Apabila kita termakan oleh suatu pujian itu seperti racun yang ada pada tubuh.

Aku dan kalian. Kita adalah manusia. Kita adalah ciptaan sempurna karena memiliki akal, pikiran dan perasaan. Menyatukan hati kita, membuka dan menyatukan pikiran untuk memahami, memberi pendapat, kritik dan solusi. Apabila bersatu maka kita kuat, senang dan susah ditanggung bersama. Bahkan kita akan memiliki kekuatan yang kuat untuk melawan musuh dan memenangkannya.

Tapi apabila selalu memandang rendah orang lain karena merasa paling benar, berkuasa dan terkuat tanpa membutuhkan orang lain walaupun itu anak kecil, maka musuh dengan mudahnya menyerang kita karena menemukan pertentangan, kebencian dan kedengkian diantara kita yang membuat kita tidak bisa kompak dan bersatu.

Hidup memiliki penuh warna sehingga kita harus mempelajari semuanya dengan ketulusan tanpa rasa sombong. Sedikit saja kesombongan yang ada pada diri kita, maka hancurlah semuanya. Banyak hal yang kita temukan setiap hari, setiap saat, langkah, ucap, pikiran dan perasaan untuk mempelajari itu semua. Sehingga hidup yang sekali ini harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan penuh makna tanpa rasa penyesalan pada diri atau orang lain yang kita cinta dan kita sayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :)