Laman

Selasa, 16 Agustus 2011

Menampilkan Slide Photo pada Blogspot

Picasa Web Albums
Banyak sekali pernyataan yang saya temui dengan teman-teman dan semuanya hampir memiliki pernyataan yang sama: "Tidak tahu bagaimana mengelola blog".
Memang tiap bloger memiliki maksud dan tujuan sendiri bagaimana mereka mengelola blog Dan yang paling menarik saat ini adalah blog tentang penjualan. Kalian pasti menemukan bagaimana revolusi sistem perdagangan personal yang biasanya dilakukan secara personal dengan memanfaatkan blog hingga beralih ke Facebook karena Facebook dinilai lebih mengoptimalkan penjualan. Yang menjadi kendala adalah tingkat kepercayaan untuk orang yang tidak dikenal, karena penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Dan barang dagangan berupa foto. Tapi menurutku blog tidak kalah penting, karena dari artikel yang mereka tulis seperti pengalaman pribadi sudah mencerminkan siapa diri mereka sebenarnya.
Dalam artikel ini saya memberikan langkah-demi-langkah bagaimana menghias blogspot untuk digunakan dalam berjualan. Dan yang namanya blog penjualan pasti memerlukan banyak foto. Admin menggunakan jasa pelayanan foto dari Google, yaitu Google Picasa. Baiklah akan saya jelaskan secara langsung:
  •  Buka situs Google Picasa, kalian bisa mencarinya di Google atau mengetik linknya.
  • Klik Picasa Web Albums seperti yang terlihat pada gambar disamping. Tentu saja ini merupakan layanan langsung dari Google sehingga anda diharuskan untuk membuat akun Google Mail. Yang perlu anda ketahui, satu akun untuk satu password bisa digunakan untuk semua layanan dari Google, sehingga anda tidak perlu lagi mendaftar berkali-kali untuk layanan serupa. Kapasitas yang disediakan Google untuk layanan ini adalah 1 Gigabyte dan bersifat gratis. Apabila anda bertanya lebih jauh tentang kapasitas layanan ini, silahkan lihat artikel sebelumnya.
    Add a Caption
  • Kemudian Upload gambar yang ingin anda pamerkan dalam satu album. Saya sarankan kalian memberi judul yang berbeda untuk jenis yang berbeda menurut bentuknya, misalnya jam tangan, tas, pakaian wanita, sepatu, aksesoris supaya suatu saat nanti kalian tidak merasa bingung. Tidak lupa, kalian juga memberikan keterangan foto itu... Ini disebut juga dengan Caption yang berisi keterangan gambar.


  •  Dan setelah semua proses unggah selesai, beserta keterangan pada gambar, akhirnya kita menuju langkah terakhir yang disebut dengan Slide Photo. Kalian pasti paham sekali dengan Slide Photo, dan dengan membuat ini, kita bisa menata blog kepunyaan kita menjadi lebih rapi, sehingga pengunjung bisa bebas melihat-lihat foto di blog kepunyaan kita. Jangan lupa untuk mencantumkan kontak yang bisa dihubungi seperti nomor handphone, dan alamat email, kalau bisa gunakan email dan nomor telepon untuk keperluan ini. alias dagang. Sehingga kita bisa menata inbox lebih rapi dan dapat menanggapi dengan cepat kebutuhan pelanggan. Dalam album yang telah kalian buat, pada samping kanan terdapat pilihan Embed Slideshow setelah kalian melakukan klik pada Link to this album. Kalian Klik Embed Slideshow  Kemudian kalian tentukan ukuran yang menurut anda sesuai untuk diletakkan pada entri. Saya sarankan anda memberi tanda pada Show Captions dan Autoplay, sehingga apabila blog telah dibuka maka album akan diputar secara otomatis dan terdapat keterangan pada gambar tersebut seperti lokasi, nama barang, kode barang dan juga harga sehingga pembeli tidak merasa terganggu dengan koneksi internet yang lambat apabila kalian melakukan penjabaran semua gambar pada satu halaman. Tentunya ini akan langsung ditinggalkan
Embed Slideshow Code
 Selanjutnya kalian salin kodenya dan letakkan kode itu pada entri dengan mengklik Edit HTML untuk Entri Baru. Kemudian anda tinggal menata semuanya.
Selamat Mencoba ^_^

P.S: Contoh penggunaan Slide Show pada situs Ciputz Sell





    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :)