Laman

Rabu, 10 Agustus 2011

Menulis Captcha Dengan Mudah

1
Pasti kalian seringkali menemukan Captcha seperti gambar disamping.. Apa kalian pernah bertanya kenapa diperlukan Captcha apabila kita melakukan sebuah aktifitas pada situs tertentu?
Captcha sebenarnya digunakan untuk melawan spam, menyalah gunakan pendaftaran, dan juga sebagai identifikasi untuk membedakan apakah dia manusia atau bot.
Lalu darimana semua kata-kata itu berasal? Dibalik pembuatan Captcha, ada banyak buku, literatur kuno dan dan berkas-berkas yang sudah termakan usia sehingga banyak sekali tulisan yang sulit bahkan hampir tidak bisa dibaca oleh manusia yang membaca langsung tulisan kuno itu atau OCR (Optical Character Recognition). Maka itu diperlukan banyak bantuan dari manusia di seluruh dunia untuk membantu menerjemahkan kata-kata yang tidak jelas melalui App ReCaptcha yang bisa digunakan oleh banyak situs. Dengan menuliskan kata yang tidak jelas itu maka kita sudah membantu sejarah.
2.Kata yang dibaca oleh OCR


Sebenarnya ada trik dimana kita bisa mempermudah penulisan Captcha. Pada App ReCaptcha dipastikan ada 2 kata yang dibagi menjadi dua. Yaitu:
  1. Kata yang bersifat Dummy. Ini adalah kata yang sangat mudah dibaca oleh OCR ataupun manusia.
  2. Kata yang bersifat Valid. Ini adalah kata yang sulit dibaca oleh OCR sehingga membutuhkan bantuan manusia.
Dan penjelasan bagian kata yang Valid dan kata Dummy beserta trik cepat penulisan Captcha  pada App Recaptcha akan saya jelaskan: 
  • Kata yang bersifat bayangan
Captcha Bayangan
Ada 2 kata disini, yaitu yang bersifat dummy dan valid. Sekali lagi kata valid adalah kata yang sulit dibaca oleh OCR bahkan tidak bisa dibaca. Sehingga kata yang sulit dibaca itulah yang perlu dimasukkan kedalam box. pada gambar disamping kita cukup mengetikkan kata "atervies" (kata kiri) dan menekan tombol submit.



  • Kata Berantakan 
Bisa dibilang ini adalah kata yang tidak memiliki toleransi untuk OCR ataupun manusia. Karena kata ini sangat memudar dan juga sangat membutuhkan perhatian manusia supaya literatur kuno yang ditemukan bisa segera diselesaikan. Sekali lagi kita hanya perlu menuliskan Kata Berantakan itu saja. cukup satu kata.
    Kata dan Huruf
  • Kata dan Huruf
 Walaupun suatu saat nanti kalian menemukan gabungan angka dan huruf selain gambar disamping, anda cukup mengetikkan kata yang tidak terdapat angka. Karena kita hanya memerlukan kata Dummy




Kata dan Simbol
  • Kata dan Simbol

Rasanya mustahil untuk memasukkan simbol seperti bambar disamping. Untuk lebih mudahnya, masukkan saja kata yang tidak mengandung simbol atau tanda baca.





Kata Putih

  • Kata Berwarna
Menurut anda apa yang perlu dimasukkan pada kata seperti gambar disamping? kita hanya perlu memasukkan kata yang valid yang memiliki dua warna

Non Case Sensitive
  • Non-Case Sensitive
Kita tidak perlu membedakan huruf besar dan kecil pada Captcha karena akan dibaca sama saja.






Jika anda adalah administrator maka kalian bisa menerapkan App Recaptcha pada situs anda untuk melawan serangan bot. Dan juga akan membantu untuk mempercepat pengenalan huruf yang tidak jelas dengan bantuan dari pengunjung diseluruh dunia.

Untuk penjelasan lebih lanjut apa itu Captcha, silahkan klik disini














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :)