Laman

Jumat, 23 Maret 2012

Jurnal Trading: Strategi Penawaran & Permintaan


Pada forum ini, saya mencoba menuangkan jurnal trading yang saya lakukan. Sebelumnya saya mohon maaf kepada moderator, jika jurnal yang akan saya tuangkan ini salah tempat, karena saya tidak tahu pada bagian mana yang benar.

Trading yang saya lakukan menggunakan Strategi Penawaran dan Permintaan. Strategi ini pertama kali saya dapatkan dari pelajaran yang disampaikan oleh Pak Samibegood (hormat saya pada beliau yang telah memberikan ilmu berharga dan memberikan bimbingan tanpa pamrih) pada thread beliau Supply and Demand pada Kgforexworld. Mengapa saya memilih strategi ini? Sejauh ini apa yang telah saya alami dalam mengaplikasikannya, strategi ini memberikan kemudahan bagi saya untuk pengambilan keputusan, dia begitu simpel namun probabilitas untuk mendapatkan profit cukup tinggi, tentu selama kita dalam pemahaman yang benar dan konsisten. Ide dasar dari sistem ini adalah bagaimana mengidentifikasi area Support (Demand) dan Resistance (Supply). Lalu setelah teridentifikasi area-area tersebut dilakukan entry, strateginya adalah, entry pada saat break out atau pada saat pullback dari area support dan resistance dimaksud.

Strategi ini simpel karena tidak terlalu bergantung pada indikator (bukan berarti indikator tidak penting), indikator sifatnya hanya additional. Yang ditekankan adalah perilaku manusia dalam bertransaksi yang tercermin pada perilaku harga dan ditambah dengan analisa intermarket dan yang paling penting adalah menggunakan brain - eye.

Tentu tidak ada sistem yang sempurna yang dapat memberikan keuntungan seratus persen, tetapi bagaimanapun saya harus memilih. Maka inilah pilihan saya, dan ini hanyalah sebuah pilihan.

Jurnal ini saya buat sebagai proses pembelajaran bagi saya dan sekaligus pendalaman terhadap strategi trading yang telah diajarkan oleh Pak Samibegood. Karena dalam proses belajar, maka jika ada kawan-kawan yang akan bertanya, maafkan saya jika saya tidak dapat memberikan jawaban, walau saya akan mencoba semampunya.

Baik, untuk Pekan depan saya akan mencoba membedah dan menganalisa pair GBPUSD, lalu setelah itu saya akan memutuskan apa yang paling mungkin akan saya lakukan.

Pertama saya akan lihat Weekly Chart pada MT4
 Pada chart weekly nampak harga pada 2 pekan lalu sedang dalam keadaan koreksi, namun mentok pada area supply (resistance) dan secara bersamaan juga mentok pada fibo retr 38.2 sehingga pada pekan kemarin harga pull back dan kembali bergerak pada trendnya, yaitu down trend, maka probabilitas yang paling mungkin adalah bias sell.

Untuk memperjelas saya akan lihat pada daily chart


Pada daily chart semakin jelas kelihatan, bahwa harga selama 6 hari selalu kandas di area supply/resistance (dapat dilihat pada bagian kiri area berwarna rosybrown) dan harga pull back bergerak ke jalur down trend, sekali lagi probabilitas paling mungkin adalah bias sell.

Sebagai secaond opinion saya akan lihat sentimen indikator USD Index dan British Globex pada COT index
Pada Dollar Index posisi Large Trader (hadge fund dll) ada di posisi ekstrim bearish (0) RSI overshould dan Bollinger Band harga berada pada sabuk bawah. Sementara British Pound Globex Large Trader di area netral (70), RSI netral dan harga di sabuk atas Bollinger Band

Dari informasi yang didapatkan di atas maka saya putuskan untuk menjadi SELLER. Kapan Entry dan Exitnya?

Pada posting diatas, telah teridentifikasi bahwa harga tak mampu melewati resistance dikisaran harga 1.52xx. Dimana pada area tersebut (bagian kiri daily chart yang diarsir) didapati equilibrium area, lalu di sini harga memantul (pullback), karenanya saya memutusan untuk menjadi seller. Untuk menentukan entry, seharusnya saat daily candle membuat high saya pindah ke intraday time frame (TF M15) untuk melihat peluang entry terbaik, di sini mestinya saya mencari up candle terakhir lalu disusul down candle, entry dilakukan pada down candle kedua dan tidak perlu menunggu close dulu, namun pada kasus kemarin saya terlambat, harga sudah terlanjur bergerak turun sehingga saya kehilangan kesempatan untuk mendapatkan harga terbaik.

Untuk TP dan SL jika saya trading ---> intraday 150 : 50 (atau 100 : 50 atau di atas SD 1H)
---> mid term SL saya tempatkan di atas resistance (Supply) D1

Sekarang saya mencoba mencari peluang pada pair CADJPY sebagai pilihan untuk trading mulai Senin besok. Mengapa CADJPY...? Untuk mencari peluang terbaik yang mungkin akan memberikan peluang profit (keunggulan), saya tak ingin membatasi pada pair tertentu saja, dan ini pula yang diajarkan oleh mentor saya, Pak Sami. ini saya kutip sedikit apa yang beliau sampaikan untuk mengingatkan saya:

4 Elemen Dasar Keunggulan:
1. Satu set rules atau metodelogi; rules ini harus jelas, dan Keep it Simple. Anda harus tahu apa yang anda lakukan dan mengapa melakukannya, serta anda ikuti rule secara konsisten
2. Optimum Entry; Jika anda mendapat signal buy, upayakan buy at the best level karena kita ingin harga bergerak sesuai analisa dan dalam waktu singkat.
3. Optimum Exit; entry buy saja tidak cukup, meskipun harga telah bergerak naik, kita harus close trade ini pada level yang optimum sesuai kondisi pasar.
4. Pemilihan portfolio; artinya sebagai trader kita harus mampu melakukan trade pada instrument apapun. Apakah harus trade EU tiap hari? AU atau GJ saja? jawabnya tidak, kita trade instrumen yang memberikan peluang setup terbaik. Memang sebagai pemula wajar anda fokus pada satu atau dua pair untuk dapat memahami karakteristiknya, namun sebagai trader anda bisa trade apapun. Jika GBP/CHF memberikan setup yang potensial, lakukan trade. Mengapa demikian? karena anda telah memiliki set rule, metode, dan yang anda trade bukan hanya sekedar instrumen EUR/USD namun lebih daripada itu adalah trade perilaku manusia yang tercermin pada perilaku market.


  Untuk melihat peluang pada pair CADJPY ini, pertama saya akan lihat TF weekly, pada TF W1 (sayangnya gak bisa menambilkan pict, karena historycal data utk CADJPY pada MT4 Insta hanya sedikit (cuman sampai pada Feb 2008) CADJPY sedang dalam kondisi down trend, namun sejak Mei 2009 mengalami pergerakan kesamping.

Selanjutnya saya pindah ke TF D1, untuk melihat kondisi daily.
Pada TF D1 Cadjpy seperti yang ditunjukkan oleh pict sedang dalam upaya retrace, namun sementara terhadang oleh supply/resistance area dan fibo 50%. Lalu bagaimana ke depan...? Tentu kemungkinannya adalah kalau tidak break out ya pull back atau bisa pula menyamping.

Sekarang saya pindah lagi ke TF4H
Semakin kelihatan betapa kerasnya usaha para buyers untuk melampaui resistance area, namun selalu gagal (bagian kiri chart yang diarsir warna lime, sederet candle yang tersusun rapi ke samping, ini menunjukkan area keseimbangan supply - demand dan merupakan resistance).

Melihat itu, maka probabilitas untuk terjadi pull back lebih besar ketimbang untuk terjadi break out. Namun tak ada yang tahu harga akan bergerak kemana, karena itu saya akan bereaksi sesuai dengan apa yang akan terjadi ke depan, jika pull back maka bias sell, jika break out maka bias buy dan jika ke samping maka jadi penonton saja... Tapi paling tidak sekarang saya sudah memiliki gambaran...
Ini saya sertakan (kutip) pelajaran yang disampaikan mentor saya Pak Sami tentang rule exit - entry:

Identifikasi kondisi pasar dengan mengajukan sejumlah pertanyaan pada diri sendiri.

Sebelum Entry:
1. Lihat kondisi yang ditunjukan chart saat ini, apakah trending? konsolidasi? jawab hanya YA atau TIDAK, jangan menjawab dengan mengatakan "saya pikir", "saya rasa"...jawaban mesti simple yes or no.
2. Apakah momentum (saat trending naik/turun) semakin kuat? lemah? anda bisa lihat dari ciri body candle yang panjang (strong) atau pendek (weak)..yes or no.
3. Apakah price action searah dengan trend utama (gunakan frame besar)?
4. Apakah price action saat ini memasuki proses reversal (buy/sell climax)? (nanti saya akan terangkan lebih detil)
5. Apakah anda tahu area supply dan demand pada chart?
6. Apakah sudah menghitung resiko?
7. Apakah sudah kalkulasi reward?
Misalnya anda ingin entry buy, maka tentu kondisi uptrend/strong momentum adalah yang paling ideal dan jawaban harus mendukung keputusan yang akan diambil.

Setelah Entry:
1. Apakah harga bergerak searah analisa? sesuai ekspektasi?
2. Apakah perilaku gerak harga sesuai dengan analisa? momentum meningkat?
Jika jawabannya adalah YA, maka tahan (hold) posisi anda hingga menghasilkan trade yang maksimal sesuai trade plan yang ada. Jika jawabannya TIDAK, maka get out/exit, tidak perlu kita berargumentasi dengan Mr. Market.


Sambil menunggu setup terbaik dari CADJPY, saya OP price pada pair yang lain, antara lain EURUSD, berikut pictnya (TF W1)
Pada Time Frame weekly, EU masih down trend dan saat ini sedang retrace. Tetapi pergerakan harga retrace ini terganjal oleh area supply (bagian kiri chart) dan fibo 23.6% dan saat ini harga kembali bergerak sesuai dengan trendnya, yaitu downd tren
Lalu untuk melihat situasi pergerakan harga EU dari dekat, saya masuk ke TF Daily. Di sini semakin kelihatan bahwa momentum pergerakan retrace (koreksi) semakin melemah, ditandai oleh semakin pendeknya body candle. Maka keputusan terbaik adalah menjadi seller. Untuk itu seperangkat planning telah disiapkan.
Rencana telah dibuat, risk reward telah dihitung dan keputusan telah ditetapkan, yaitu menjadi seller. Kini saya harus mencari setup terbaik untuk entry dan exitnya. Untuk itu saya pindah ke TF 1H untuk menetukan titik entry terbaik.


Sesuai rule, entry saya lakukan setelah harga membentuk high lalu diikuti down candle, dan pada down candle ke dua saya entry, tanpa harus menunggu candle kedua tsb close dulu, yaitu pada harga 1.2640. Stop loss saya tentukan 50 pips (bisa pula di atas high candle)

Untuk target take profit saya setting sedikit di atas area demand pada TF daily (area berarsir biru muda) disekitar harga 1.2390. Kalau tidak tercapai, maka saya akan ambil 150 pips, kalau tidak tercapai juga maka saya ambil 100 pips. Kalau tidak juga ya udahlah... 1 pips aja hehehe....

Sumber: Insta Forex
Forum: Insta Forex



 

2 komentar:

  1. thx om.. nice share...

    BalasHapus
  2. Selamat Siang,
    saya sudah membaca blog anda, sangat mudah di pahami dan saya sangat tertarik untuk bekerja sama dengan anda, kami dari Forexmart menawarkan kerja sama affiliasi yang sangat menguntungkan untuk anda, jika anda berminat dan tertarik dengan penawaran ini bisa menghubungi email saya di www.forexmart.com dan saya akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai penawaran kerjasama ini.
    Terima Kasih dan salam sukses untuk anda

    BalasHapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :)