Laman

Jumat, 06 April 2012

PENYEBAB RAMBUT RONTOK


Penyebab Rambut Rontok - Tahukan penyebab yang menjadikan rambut menjadi rontok? Ada banyak sebab yang pernah di temui mulai dari a sampai dengan z. Dan yang paling sering di temui penyebab rambut rontok ini adalah kurangnya perawatan rambut, stres, dan kurangnya nutrisi. Uniknya hampir setiap orang pernah mengalami masalah rambut rontok. Kerontokan rambut yang berlebihan adalah merupakan tanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh. Selain gangguan kesehatan ini, sebenarnya masih ada banyak penyebab lain yang bisa membuat rambut kita rontok. Sungguh menyedihkan bukan jika rambut kita rontok satu-persatu lama-kelamaan menjadi habis alias botak. :)
Kira-kira apa saja yang menyebabkan rambut rontok?
1. Rambut rontok karena kurang merawat rambut.
Cucilah rambut secara teratur atau merawatnya disalon serta harus memiilih jenis sampho yang sesuai dengan jenis kulit kepala. Jangan terlalu sering menggunakanalat-alat seperti pengering rambut, pelurus rambut, atau pengeriting rambut, karena terlalu sering menggunakan ini bisa merusak rambut kita.

2. Penyebab rambut rontok karena kurang nutrisi.
Apabila tubuh kita tidak mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup dalam tubuh, hal ini akan mempengaruhi rambut, kuku, dan gigi. Khusus wanita jika sedang diet, pastikan tetap mendapatkan cukup protein dan vitamin seperti vitamin A, B, C, dan E. Semua vitamin, mineral, dan protein bisa mengurangi rambut rontok sekaligus mempertahankan program diet agar tetap bisa berjalan dengan baik.

3. Rambut rontok karena Gen.
Jika rambut rontok ini disebabkan oleh gen atau bawaan lahir, hal ini akan sulit untuk dihindari. Tetapi, bisa ditunda dengan cara merawat rambut sebaik mungkin.

4. Penyebab rambut rontok karena sakit dan konsumsi obat.
Ternyata penyakit dan obat-obatan bisa menyebabkan rambut kita rontok. Jika temen-temen mengonsumsi obat-obatan tertentu atau antibiotik, hal ini bisa saja menjadi salah satu alasan rambut kita menjadi rontok. Tetapi ketika obat-obatan tersebut sudah habis dan penyakit sudah sembuh, seharusnya secara perlahan-lahan kerontokan rambut jadi berkurang.

5. Rambut rontok karena kehamilan.
Bagi wanita yang hamil memang salah satu penyebab terjadinya rambut rontok. Dengan asupan nutrisi dan vitamin yang baik dan tepat, maka akan hilang dengan sendirinya kerontokan rambut ini setelah menyusui.

6. Kerontokan rambut karena stres.
Struktur rambut akan berubah ketika stres tersebut terjadi berlarut-larut, serta menyebabkan rambut kita menjadi lemah, bercabang dan rontok. Stres akan membuat rambut kita mudah patah, dan berubah menjadi kusut warna menjadi kusam. Jika hal ini terjadi segeralah mengatasi hal ini dan jangan sampai berkelanjutan. Sekian dulu artikel penyebab rambut rontok semoga bisa bermanfaat untuk pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :)